Upaya Penguatan Ekonomi, Lubuk Kertang Mengadakan Pemetaan  Potensi Desa Secara Partisipatif.

lubukkertang.desa.id – (Rabu, 12/8/20), Lubuk Kertang mengikuti pelatihan penguatan ekonomi melalui pemetaan potensi desa secara partisipatif di aula kantor desa Lubuk Kertang Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat yang diadakan oleh Universitas Sumatera Utar Medan.

Pada kegiatan ini, Zul Insan selaku kades Lubuk Kertang menyampaikan keinginannya akan majunya Bumdes desa Lubuk Kertang kedepannya. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan mengetahui potensi terbaik yang ada di desa Lubuk Kertang yang harus dikembangkan oleh Bumdes.

Kades Lubuk Kertang sedang menyampaikan kata sambutan sekaligus harapan terhadap Bumdes Lubuk Kertang.

Ia juga berharap setelah mengikuti kegiatan ini Bumdes dapat menggali dan mengembangkan segala potensi yang ada di desa Lubuk Kertang.

“Ada 3 komponen penting di desa, Kepala Desa, BPD dan pengurus Bumdes. Karena 3 ini yang menentukan maju tidaknya sebuah desa, maka dibutuhkan kerja sama antara ketiganya. Saya berharap Bumdes se Kec. Berandan Barat dapat mengembangkan/meningkatkan potensi di desanya, sehingga Bumdes di kec. Berandan Barat ini kedepannya dapat menjadi yang terbaik di Kab. Langkat”, ujar M. Harmain, S.STP selaku Camat Berandan Barat.

Kata sambutan dari Camat Berandan Barat.

melakukan diskusi antara Camat Berandan Barat, Kades se KEc. Brandan Barat dan para Pemateri dari USU Medan.

“Karena dengan meningkatnya Bumdes dapat menambah PAD di desa, sehingga tidak lepas kemungkinan dapat menjadikan desa sebagai desa yang mandiri”, tambah beliau.

Dr. Yeni Absah, SE, MSi, selaku pemateri pada kegiatan ini menyampaikan kunci dari majunya sebuah Bumdes di desa yaitu, kekompaan dari Kades, BPD, pengurus Bumdes sehingga menciptakan kepercayaan 100% dari masyarakat, melakukan pemetaan potensi desa, tidak salah memih usaha dan pasar, Bumdes dibentuk dengan musyawarah, bela beli (bela-belain beli produk yang dibuat oleh desa), berpikir positif, percaya diri dan fokus pada problem serta bisnis memberikan solusi cepat.

Dr. Yeni Absah, SE, MSi saat menyampaikan materi

Tidak hanya itu, Dr. Farid yang juga pemateri kegiatan ini menyampaikan pengurus Bumdes harus memiliki mimpi-mimpi gila sehingga dapat memacu tingkat kepercayaan diri dalam melakukan segala sesuatu.

Dr. Farid menyampaikan materi tentang pemetaan potensi desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Berandan Barat, Kades se Kec. Berandan Barat, BPD se Kec. Berandan Barat, dan pengurus Bumdes se Kec. Berandan Barat.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pemetaan Potensi Desa.

proses pembuatan pemetaan desa Lubuk Kertang oleh pengurus bumdes dan BPD.

 

proses pemetaan potensi desa Lubuk Kasih oleh bumdes dan Pemdes.