Upaya Meningkatkan Budaya Literasi, MTsS Madinatul Ilmi Mengikuti Kegiatan Pelatihan Penulisan Puisi

lubuk-kertang.id – Tepat nya pada tanggal 30-31 Maret 2021, MTs Madinatul Ilmi Desa Lubuk Kertang Mengiktui kegiatan Pelatihan Penulisan PUISI Untuk Guru dan Siswa bertempat di ruang kelas MTs Madinatul Ilmi.  Acara ini di selenggarakan oleh UIN – SU pada Prodi TBI FITK yang langsung di hadiri oleh Rina Devianty M.Pd selaku Sekjur Prodi TBI.

Adapun pemateri utama pada pelatihan ini adalah Saripuddin Lubis M.Pd, Dimana jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 30 orang, dengan rincian 8 orang guru SD, guru MTS, 20 orang Siswa MTs dan 2 orang Siswa.

Acara ini secara resmi di buka oleh Sekjur. Dimana dalam kata sambutan tersebut ia menyampaikan ribuan terima kasih kepada pihak MTs Madinatul Ilmi yang di pimpin oleh Nazar Ruddin S.Pd.I, karena telah bersedia menyiapkan tempat dan peserta untuk kegiatan pelatihan Penulisan puisi ini.

Tak lupa pula ia mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala Desa Zul Insan yang Visioner. Salah satu alasan mengapa Desa Lubuk Kertang terpilih menjadi tempat pengabdian masyarakat ini adalah karena selain desa ini terkenal dengan Ekowisata Mangrove nya, desa ini juga kegiatan-kegiatan Literasi nya sangat menonjol dengan berbagai gagasan dan terobosan kepala desa dan masyarakat yang di pimpinnya. dan juga desa Lubuk Kertang tidak asing bagi warga Sumut.

“Setelah pelatihan seluruh peserta di harapkan menyiapkan tugas berupa mengumpulkan naskah puisi, dimana setiap peserta mengumpulkan 2 buah puisi. Nantinya seluruh peserta akan di buatkan buku antologi puisi khusus Edisi Guru dan pelajar Lubuk Kertang”, tambahnya .

Dalam acara pembukaan tersebut Zul Insan selaku kepala desa Lubuk Kertang menyampaikan, bahwa beliau sangat berterima kasih kepada Sekjur dan TIM dari Prodi TBI FITK UIN SU Medan yang telah memilih desa Lubuk Kertang sebagai tempat pengabdian masyarakat tepat nya untuk peningkatan budaya Literasi di kalangan guru dan pelajar dengan program pelatihan kepenulisan PUISI. Beliau juga berpesan agar ada nya semacam MOU berbagai perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta baik di Sumut ataupun di luar Sumut.

Karena saya sangat menginginkan di masa kepemimpinan ini, desa dapat menjadi tempat magang bagi PTN /PTS sehingga masyarakat kami termotivasi untuk mengembangkan Potensi SDA Lubuk Kertang yang selama ini belum maksimal tergali. Jika tergali potensi SDA ini, bukan tidak mungkin suatu saat desa ini bakal menjadi tempat studi banding bagi desa dan kelurahan yang ada di Sumut.

Kepada tim sideka (Wahyuni), Kades menyampaikan siap mengakomodir segala kegiatan warga dalam meningkatkan kualitas mutu SDM. Beliau juga menyampaikan pada bulan 6 Juni 2021 nantinya semoga buku Antologi nya sudah terbit dan akan di pajangkan ketika memperingati Hari Jadi Desa Lubuk Kertang.  Saya bangga pelajar Lubuk Kertang punya karya.