Sejarah Desa Lubuk Kertang

Lubuk Kertang adalah salah satu di Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara Indonesia.

Desa Lubuk Kertang adalah salah satu Desa yang terletak di tepi Selat Malaka, maka Desa Lubuk Kertang banyak di lalui oleh Sungai – Sungai dan di tumbuhi beragam Pohon Mangrove maka di jaman dahulu para Nelayan sering masuk kedalam Sungai – Sungai yang ada di dalam nya untuk menghindari Badai dari laut, maka para nelayan tersebut singgah dan beristirahat di sungai – sungai tersebut dan tinggal sementara, untuk menghindari Badai yang ada.

Sungai – sungai yang di Lokasi Desa Lubuk Kertang sangat dalam, dan banyak jenis Ikan-ikan, udang yang ada di dalamnya, sehingga para Nelayan – Nelayan betah tinggal di pinggirin Sungai tersebut dan menetap.

Pada suatu hari ada seorang nelayan mendapatkan seekor ikan yang sangat besar di sungai tersebut, Ikan tersebut bernama Ikan Kertang.

Maka maka para Nelayan tersebut memberi nama Lubuk Kertang. LUBUK berasal dari Nama Sungai yang sangat dalam dan banyak ikan di dalam nya, sedang KERTANG adalah nama Ikan yang sangat besar, maka di namakanlah daerah tersebut LUBUK KERTANG.

Sumber berita di dapat dari Mantan Kepala Desa priode ke empat yang Memimpin Pemerintahan Desa Kubuk Kertang Bapak H. MASDAR (Almarhum) yang memimpin Desa Lubuk Kertang dari Tahun 1961 s/d 1985. Desa Lubuk Kertang berdiri sejak Tahun 1932.