MTsS Madinatul Ilmi Lubuk Kertang, Adakan Ujian Semester Bagi Siswa Kelas IX.

Kegiatan Belajar Mengajar pada Tahun Ajaran 2020-2021 ini, sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan wabah corona yang melanda seluruh negara. Banyak kegiatan-kegiatan  yang harus ditiadakan agar dapat mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan madrasah. Madrasah-madrasah hanya dapat melakukan pembelajaran secara online yaitu daring maupun pembelajaran luring.

Tetapi itu semua  menjadi tantangan sendiri bagi pihak MTs Madinatul Ilmi dalam upaya memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Karena pihak sekolah sadar bahwa latar belakang ekonomi siswa berbeda-beda. Tidak semua siswa memiliki android untuk mengikuti pembelajarn daring.

Setelah melakukan proses pembelajaran maka siswa akan diuji sejauh mana memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Sehingga guru dapat mengukur setiap kemampuan daya tangkap maupun pikir dari siswanya.

Maka perlu diadakan Ujian  semester yang merupakan bagian dari evaluasi, bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa, sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran ketingkat lebih tinggi atau perlu ada pengujian. Ujian  semester adalah suatu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui pencapaian kompetensi diakhir satuan pendidikan.

Ujian Semester kelas IX MTs Madinatul Imi diadakan pada tanggal 22-27 Maret 2021. Siswa yang mengikuti ujian semester berjumlah 42 siswa. Dimana ujian semester ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Semua siswa terlihat fokus dalam menyelesaikan soal-soal ujian mereka.

“Ditengah semaraknya penyebaran virus corona, saya berharap anak-anak tetap dapat fokus dan teliti dalam menjawab soal-soal ujian semester ini. Banyak-banyak membaca dan mengulangi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru bidang studi masing-masing. Tetapi jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Dimana semua siswa wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M). Bagi siswa yang tidak mematuhi peraturan maka tidak dapat mengikuti ujian”, ujar Siti Mustiara, S.H sebelum pelaksanaan ujian dimulai.

“Tujuan diadakannya ujian semester adalah sebagai bentuk evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar siswa yang diajarkan oleh guru atau pendidik selama satu semester. Selain itu, ujian semester juga bisa untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung, untuk memberikan umpan balik (feed back) guna penyempurnaan program pembelajaran”, ujar Nazaruddin, S.Pd.I selaku Kepala MTsS Madinatul Ilmi.