Kunjungan ke lahan persawahan petani yang mengikuti programDesa Lubuk Kertang telah menjalankan program khusus di bidang pertanian yaitu Program On Farm Petani Mandiri yang yang sudah berjalan 1 musim tanam di desa ini.

Menindak lanjuti program tersebut tim Bulog dan PTI mengunjungi lahan persawahan petani yang mengikuti program ini untuk melihat produksi dan kualitas hasil padi petani yang mengikuti program tersebut.

Menurut pak Basirun selaku kepala Bulog Provinsi Sumut mengatakan bahwa kualitas dan kuantitas padi petani yang mengikuti program on farm petani mandiri ini sangat cukup memuaskan dengan adanya pembuktian kenaikan produksi dan juga kualitas gabah.

Reaksi dari kepala Bulog dan ketua PTI sumut sangat mengapresiasi program desa Lubuk Kertang ini, hal ini juga tidak lepas dari peran perusahaan yang berkaitan dengan program ini yaitu PT. Jasindo Kreasi Mandiri dan PT. Pupuk Kujang, karena dengan adanya produk pupuk, hormon dan utusan pendamping petani dari ke dua PT tersebut sangat membantu petani dalam membudidayakan tanaman padi.

Kepala desa Lubuk kertang yaitu Zul Insan juga sangat mengharapkan program desa ini dapat berlanjut dan mewujudkan masyarakatnya sebagai petani yang mandiri dan berdikari juga menjadikan desa Lubuk Kertang sebagai desa lumbung padi di Indonesia.